Kamis, 05 Juli 2018

Diklat Online Sagusablog Dasar Gel-12

Diklat Online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) Dasar Gel-12
Berawal dari keinginan untuk meningkatkan kualitas mengajar, mendambakan menjadi guru yang dirindukan oleh peserta didik sekaligus persiapan untuk mengejar kenaikan pangkat maka dimulailah proses pencarian diklat atau workshop untuk meningkatkan kualitas diri. Pada awalnya jarak dari pusat kota menjadi kendala untuk mencari kanal-kanal pelatihan. Pada akhir Desember tahun 2017 tempat mengajar lumayan dekat dari pusat pelatihan.
Menghadapi hari pendidikan nasional, melalui grup Whatshapp sekolah dapat info jika IGI (Ikatan Guru Indonesia) mengadakan pelatihan serentak di Sulawesi Selatan untuk memecahkan rekor MURI tepat pada tanggal 2 Mei 2018. Alhamdulillah akhirnya bisa ikut pelatihan. Untuk kabupaten Gowa, tempat pelatihan di SMKN 4 Gowa di Pallangga, Kabupaten Gowa. Pemateri Bapak Kasman Rejadi membawakan materi Sagusapdlet (Satu Guru Satu Padlet Pembelajaran). Awalnya dalam hati bertanya-tanya, apa itu padlet?. Akhirnya setelah mengikuti pelatihan ini terjawablah sudah rasa penasaran. 
Dari sinilah perkenalan dengan IGI (Ikatan Guru Indonesia). 
Mulai menjalin komunikasi dengan salah satu anggota IGI Kabupaten Gowa dan kembali mendapat informasi pelatihan Sagusaku (Satu Guru Satu Buku). Akhirnya, pada akhir bulan Juni tepatnya pada tanggal 30 Juni 2018 bisa kembali mengikuti pelatihan Sagusaku spektakuler bertempat di Aula Penerbit Erlangga Jl.Hertasning Makassar. Pemateri Ibu Mardawiah, Bapak Abd.Rasyid dan Ibu Dewi Wahyuni. Pada pelatihan ini setiap guru dimotivasi untuk bisa membuat buku seperti buku biografi, antologi cerpen, puisi, pembelajaran. Hasil karya akan soft launching tepat pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tanggal 17 Agustus 2018. Jadi peserta diberi waktu 73 hari untuk menulis buku. 
Pelatihan selanjutnya yaitu SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog). Diklat ini agak berbeda dari diklat sebelumnya. Diklat kali ini diadakan online melalui aplikasi Telegram mulai tanggal 1-7 Juli 2018. Peserta mengunduh materi kemudian membaca modul sambil menyimak video penduan untuk membuat blog. 
Diklat online Sagusablog ini menarik untuk diikuti karena perkembangan teknologi dan informasi menuntut guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pembalajaran. Proses pembelajaran akan lebih variatif dengan penggunaan media TIK.
Dalam pengerjaan modul 1,2,3 masih lancar. Memasuki modul 4 mulai terkendala. 1,2,3 hari telah berlalu namun masih stagnan di modul 4. Namun harus tetap semangat, masih tersisa 2 hari. 
Dari semua pelatihan yang diikuti, inilah pelatihan yang terseru karena untuk lulus harus rajin membaca dan mengikuti panduan modul. 
Akhirnya berharap bisa lulus Sagusablog dasar Gel-12 ini. Harapan tertinggi bisa membuat blog untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Semoga bisa tercapai, aamiin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ulangan Harian Koloid XII

https://drive.google.com/folderview?id=1-61qkL0wTMbfp5rnOITQAiBL_rbzc9is