RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 4 Gowa
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas
/ Semester : XI / Semester 4
Materi Pokok :
Konsep Asam Basa
Sub Materi Pokok :
Menganalisis Sifat Larutan Asam dan Basa
·
Konsep Asam dan Basa
·
Derajat Keasaman (pH)
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusian, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
1.1 Menyadari adanya
keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi
kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud
kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan
opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.10 Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.
4.10 Mengajukan
ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat
untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi
asam/basa.
Indikator
1. Peserta didik diharapkan dapat menuliskan reaksi ionisasi asam basa
Arrhenius.
2. Peserta didik diharapkan dapat menuliskan persamaan
reaksi asam dan basa menurut Bronsted Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan
basa konjugasinya.
3. Peserta didik diharapkan dapat menentukan zat asam dan
basa menurut teori Lewis.
4. Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi sifat
larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.
5. Peserta didik diharapkan dapat menghubungkan kekuatan
asam atau basa dengan derajat ionisasi (α) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan
basa (Kb).
6. Peserta didik diharapkan dapat menghitung pH larutan
asam atau basa yang diketahui konsentrasinya.
C. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius,
Bronsted-Lowry, dan Lewis.
2.
Mengetahui berbagai alat ukur pH.
3.
Mengukur pH beberapa larutan asam basa kuat dan lemah.
4.
Menyimpulkan hubungan antara besarnya harga pH dengan
kekuatan asam atau basa.
D.
Materi Pembelajaran
1. Konsep
Asam dan Basa
2. Derajat
Keasaman (pH)
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode:
a.
Metode Ceramah
b.
Metode Diskusi
c.
Metode Pemecahan Masalah
d.
Metode Eksperimen
2.
Pendekatan
·
Pendekatan ilmiah (scientific approach)
F.
Media dan Sumber Belajar
1.
Media Pembelajaran
·
Media Presentasi (Power Point)
2.
Sumber Pembelajaran
a.
Buku ajar Kimia XI
b. Alat-alat bahan
praktikum serta media presentasi
c.
Referensi lain:
Briggs, J. G. R. 1998. A-Level
Guide Chemistry. Singapore: Longman.
Burns, Ralph A. 1995. Fundamental
of Chemistry. New Jersey:
Pretice hall, Inc.
Chang, Raymond. 2003.
Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti. Jakarta: Erlangga.
Depdikbud. 1981. Petunjuk
Praktikum Ilmu Kimia. Jakarta: Depdikbud.
Gallagher, Rose Marie, et. Al. 1994. Coordinated Science Chemistry. New Yorrk: Oxford
Gendell, Julien. 1993. Basic Chemistry: A Problem Solving Approach. New York: West Publishing
Company.
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
·
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk
memimpin doa bersama.
2. Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk
mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan
papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku
referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3. Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan
ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada
Tuhan.
4. Guru mengajak
peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
5. Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang
akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6. Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait
kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok
kerja peserta didik).
7. Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan
terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar /slide/video.
·
Kegiatan Inti (70 menit )
a. Mengamati
1)
Guru
meminta peserta didik untuk membaca Buku/referensi tentang konsep
asam basa khususnya
materi tentang ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam basa Arrhenius,
dan asam basa Bronsted Lowry.
2)
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari, yaitu ciri-ciri
asam, ciri-ciri basa, asam basa Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry, seperti: mengamati
perbedaan asam dan basa, mengelompokkan asam dan basa, menggolongkan larutan ke
dalam asam basa Arrhenius, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli , dsb).
3)
Peserta
didik mengamati gambar/slide/video tentang ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam
basa Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry.
b. Menanyakan (merumuskan
masalah/hipotesisi)
1)
Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test
yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar ciri-ciri asam,
ciri-ciri basa, asam basa Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry, seperti:
kelompokkan senyawa berikut ini dalam larutan asam atau basa menurut teori
Arrhenius!
a.
HClO
b.
H2S
c.
NH2CH3
2)
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam basa
Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry.
3)
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi
kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik
untuk menjawab pertanyaan temannya.
c.
Mengeksplorasi
1) Peserta didik mencari jawaban
pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku
referensi lain.
2) Peserta
didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya
dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait ciri-ciri asam, ciri-ciri
basa, asam basa Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry.
3) Peserta
didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat
meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku ajar).
d. Mengasosiasikan
1)
Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan
yang berkaitan ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam basa Arrhenius, dan asam
basa Bronsted Lowry.
2)
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan
kegiatan yang berkaitan dengan konsep ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam basa
Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry sebagai bahan presentasi di depan
kelas.
e.
Mengomunikasikan
1)
Peserta
didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.
2)
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan
kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
3)
Guru
memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
·
Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1. mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung;
2. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
3. memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas;
4. memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;
5. menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya;
6. menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
Pertemuan ke-2
·
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk
memimpin doa bersama.
2. Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk
mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan
papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku
referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3. Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan
ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada
Tuhan.
4. Guru mengajak
peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
5. Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang
akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6. Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait
kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok
kerja peserta didik).
7. Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan
terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar /slide/video.
·
Kegiatan Inti (70 menit )
a.
Mengamati
1)
Guru
meminta peserta didik untuk membaca Buku/referensi tentang konsep asam basa
khususnya materi tentang cara menentukan besar pH suatu larutan, jenis-jenis
pH, dan indikator asam basa.
2)
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari, yaitu cara menentukan besar
pH suatu larutan, jenis-jenis pH, dan indikator asam basa, seperti: mengukur pH suatu larutan dengan menggunakan
kertas lakmus, pH meter, atau indikator universal, mengetahui berbagai
indikator asam basa, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan,
dsb).
3)
Peserta
didik mengamati gambar/slide/video tentang yaitu cara menentukan besar pH suatu
larutan, jenis-jenis pH, dan indikator asam basa.
b.
Menanyakan
(merumuskan masalah/hipotesis)
1)
Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test
yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar yaitu cara
menentukan besar pH suatu larutan, jenis-jenis pH, dan indikator asam basa,
seperti: larutan suatu basa lemah dengan Kb
= 2,5 ´
10-5 mempunyai pH sama dengan larutan NaOH 0,002 M. Berapakah
konsentrasi larutan basa tersebut?
2)
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait cara menentukan besar pH suatu larutan,
jenis-jenis pH, dan indikator asam basa.
3)
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi
kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik
untuk menjawab pertanyaan temannya.
c.
Mengeksplorasi
1) Peserta didik mencari jawaban
pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku
referensi lain.
2) Peserta
didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya
dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait cara menentukan besar pH
suatu larutan, jenis-jenis pH, dan indikator asam basa.
3) Peserta
didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat
meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku ajar).
d.
Mengasosiasikan
1)
Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan
yang berkaitan cara menentukan besar pH suatu larutan, jenis-jenis pH, dan
indikator asam basa.
2)
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan
kegiatan yang berkaitan dengan cara menentukan besar pH suatu larutan,
jenis-jenis pH, dan indikator asam basa sebagai bahan presentasi di depan
kelas.
e.
Mengomunikasikan
1)
Peserta
didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.
2)
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan
kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
3)
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran
peserta didik.
·
Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1. mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung;
2. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
3. memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas;
4. memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;
5. menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya;
6. menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
H.
PENILAIAN
No.
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
KI 3
|
Tes tertulis
|
·
Pilihan ganda
·
Uraian
·
Tugas (mandiri atau kelompok)
|
Terlampir
|
2
|
KI 4
|
Kinerja
|
·
Lembar laporan tugas
|
Terlampir
|
Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar
Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara
berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak
langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku
yang diamati. Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta
didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
1. Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru
melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda
cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = selalu,
apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukannya.
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
C.
Lembar Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
1.
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
2.
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan.
|
3.
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/prestasi
|
4.
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
5.
|
Melaksanakan
ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuai dengan
agama yang dianutnya.
|
Jumlah
Skor
|
Lembar Observasi
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
Pengamatan
|
Jumlah
|
Rerata Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||
1.
|
||||||||||
2.
|
||||||||||
3.
|
||||||||||
4.
|
||||||||||
5.
|
||||||||||
6.
|
||||||||||
7.
|
||||||||||
8.
|
||||||||||
9.
|
||||||||||
10.
|
||||||||||
dst
|
Guru
Mata Pelajaran Kimia

NIP.
198707302010012017
Penilaian KI 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A. Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar
Observasi. Sikap sosial yang dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang
SMA/MA meliputi:
a. jujur
b. kreatif
c. disiplin
d. tanggung jawab
e. toleransi
f.
gotong
royong
g. santun
h. responsif
i.
pro
aktif
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta
didik yang dinilai.
B. Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru
melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek
(√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut.
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan
sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang
kadang tidak
melakukannya.
2 =
kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukannya.
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah
melakukannya.
Guna
memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial
sebagai berikut.
Tabel Daftar
Deskripsi Indikator
Sikap dan
Pengertian
|
Contoh
Indikator
|
1. Jujur
adalah perilaku dapat dipercaya
dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
|
·
Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
·
Tidak
menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber)
·
Mengungkapkan
perasaan apa adanya
·
Menyerahkan
kepada yang berwenang barang yang ditemukan
·
Membuat
laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya
·
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
2. Kreatif
Kemampuan seseorang untuk
melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik
dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang
belum pernah ada sebelumnya.
|
·
Menghasilkan
ide/karya inovatif yang dipublikasikan/dipasarkan.
·
Menghasilkan
ide/karya inovatif untuk kalangan sendiri/ skala kecil.
·
Memodifikasi
dan menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru.
·
Mencoba
membuat ide/karya dari contoh yang sudah ada.
|
3. Disiplin
adalah tindakan yang menunjukkan
perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
|
·
Datang
tepat waktu
·
Patuh
pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
·
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
·
Mengikuti
kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar
|
4.
Tanggung jawab
adalah sikap dan perilaku seseorang
untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,
terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara
dan Tuhan Yang Maha Esa
|
·
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
·
Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
·
Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa
bukti yang akurat
·
Mengembalikan
barang yang dipinjam
·
Mengakui
dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
·
Menepati
janji
·
Tidak
menyalahkan orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri
·
Melaksanakan
apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
|
5. Toleransi
adalah sikap dan tindakan yang
menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
|
·
Tidak
mengganggu teman yang berbeda pendapat
·
Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
·
Dapat
menerima kekurangan orang lain
·
Dapat
mememaafkan kesalahan orang lain
·
Mampu
dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar
belakang, pandangan, dan keyakinan
·
Tidak
memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain
·
Kesediaan
untuk belajar dari (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan orang lain agar
dapat memahami orang lain lebih baik
·
Terbuka
terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru
|
6. Gotong royong
adalah bekerja bersama-sama dengan
orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan
tolong menolong secara ikhlas.
|
·
Terlibat
aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
·
Kesediaan
melakukan tugas sesuai kesepakatan
·
Bersedia
membantu orang lain tanpa mengharap imbalan
·
Aktif
dalam kerja kelompok
·
Memusatkan
perhatian pada tujuan kelompok
·
Tidak
mendahulukan kepentingan pribadi
·
Mencari
jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan
orang lain
·
Mendorong
orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama
|
7. Santun
adalah sikap baik dalam pergaulan
baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat
relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu
bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain.
|
·
Menghormati
orang yang lebih tua.
·
Tidak
berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.
·
Tidak
meludah di sembarang tempat.
·
Tidak
menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
·
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
·
Bersikap
3S (salam, senyum, sapa)
·
Meminta
ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik
orang lain
·
Memperlakukan
orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
|
8. Responsif
Adalah kesadaran akan tugas yang
harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam menyikapi
berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab yang harus
dipikul adalah ciri utama kepribadiannya
|
·
Tanggap
terhadap kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau
pertolongan
·
Berperan
aktif terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial
·
Bergerak
cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan
·
Berfikir
lebih maju terhadap segala hal
|
9. Pro aktif
Adalah
sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus.
Seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus
dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang
proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik
bagi dirinya.
|
·
Berinisiatif
dalam bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau social
·
Mampu
memanfaatkan peluang yang ada
·
Memiliki
motivasi untuk terus maju dan berkembang
·
Fokus
pada hal-hal yang memungkinkan untuk diubah atau diperbaik
|
C. Lembar Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
Tahun Ajaran : ….
Periode
Pengamatan : Tanggal … s.d. …
No.
|
Nama Peserta didik
|
Sikap
|
Jumlah
|
Rerata Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||||||
Jujur
|
Kreatif
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Responsif
|
Proaktif
|
||||||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||
6.
|
||||||||||||||
7.
|
||||||||||||||
8.
|
||||||||||||||
9.
|
||||||||||||||
10.
|
||||||||||||||
dst
|
Guru Mata
Pelajaran
___________________
NIP.
Penilaian KI 3
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan
tepat!
Kerjakanlah dengan jujur! Yakinlah pada kemampuan Anda!
1. Kelompokkan senyawa berikut ini dalam larutan asam
basa menurut Arrhenius!
a. HClO
b. H2S
c. NH2CH3
2. Larutan suatu basa lemah dengan Kb = 2,5 .
10--5 mempunyai pH sama dengan larutan NaOH 0,002 M. Berapakah konsentrasi
larutan basa tersebut?
3. Tentukan pasangan asam basa konjugasi menurut Bronsted
dan Lowry dari reaksi berikut ini!
a. NH3 + H2PO4 « NH4+ + HPO42-
b. HSO4- + H2O « H3O+ + SO42-
4. Hitunglah pH dari 4,9 gram H2SO4 dalam 100 mL larutan
(Mr H2SO4 = 98)!
5. Larutan CH3COOH memiliki pH = 3. Jika Ka
CH3COOH = 1 ´ 10–5, hitung harga derajat ionisasinya!
Guru
Mata Pelajaran Kimia

NIP.
198707302010012017
Penilaian KI 4
Penilaian Kerja
![]() |
Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan
kelompokmu!
A. Tujuan: Menyelidiki bahan-bahan yang bersifat asam dan
basa.
B. Alat dan Bahan:
1. Buku referensi
2. Alat tulis
C. Cara Kerja
1. Kunjungilah laboratorium kimia di sekolah Anda!
2. Catat bahan-bahan yang bersifat asam dan basa!
3. Tuliskan asam dan basa dalam selembar kertas beserta
reaksi ionisasinya!
D. Hasil Analisis Guru
……………………………………………………………………………………......
……………………………………………………………………………………......
……………………………………………………………………………………......
……………………………………………………………………………………......
……………………………………………………………………………………......
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN 4 Gowa Guru
Mata Pelajaran
Zulkifli Saidah, S.Pd., M.Pd.
Rahmawati
M., S.Pd.


NIP.
196701031988121002 NIP.
198707302010012017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar