Jumat, 06 Juli 2018

RPP Kimia Kelas XI Semester 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 4 Gowa
                        Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas / Semester         : XI / Semester 4
Materi Pokok              : Konsep Asam Basa
Sub Materi Pokok       : Menganalisis Sifat Larutan Asam dan Basa
·          Konsep Asam dan Basa
·          Derajat Keasaman (pH)
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit


A.     Kompetensi Inti
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
1.1      Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi
kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME  dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.3     Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.10   Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.
4.10  Mengajukan ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi asam/basa.
Indikator
1.  Peserta didik diharapkan dapat menuliskan reaksi ionisasi asam basa Arrhenius.
2.      Peserta didik diharapkan dapat menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya.
3.      Peserta didik diharapkan dapat menentukan zat asam dan basa menurut teori Lewis.
4.      Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.
5.      Peserta didik diharapkan dapat menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat ionisasi (α) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb).
6.      Peserta didik diharapkan dapat menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinya.

C.     Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis.
2.      Mengetahui berbagai alat ukur pH.
3.      Mengukur pH beberapa larutan asam basa kuat dan lemah.
4.      Menyimpulkan hubungan antara besarnya harga pH dengan kekuatan asam atau basa.

D.     Materi Pembelajaran
1.     Konsep Asam dan Basa
2.     Derajat Keasaman (pH)

E.      Metode Pembelajaran
1.        Metode:
a.        Metode Ceramah
b.       Metode Diskusi
c.        Metode Pemecahan Masalah
d.       Metode Eksperimen
2.        Pendekatan
·          Pendekatan ilmiah (scientific approach)

F.      Media dan Sumber Belajar
1.        Media Pembelajaran
·          Media Presentasi (Power Point)
2.        Sumber Pembelajaran
a.        Buku ajar Kimia XI
b.       Alat-alat bahan praktikum serta media presentasi
c.        Referensi lain:
Briggs, J. G. R. 1998. A-Level Guide Chemistry. Singapore: Longman.
Burns, Ralph A. 1995. Fundamental of  Chemistry. New Jersey: Pretice hall, Inc.
Chang, Raymond. 2003. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti. Jakarta: Erlangga.          
Depdikbud. 1981. Petunjuk Praktikum Ilmu Kimia. Jakarta: Depdikbud.
Gallagher, Rose Marie, et. Al. 1994. Coordinated Science Chemistry. New Yorrk: Oxford
Gendell, Julien. 1993. Basic Chemistry: A Problem Solving Approach. New York: West Publishing Company.

G.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
·         Pendahuluan (10 menit)
1.      Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.
2.      Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3.      Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.
4.       Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
5.      Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.      Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).
7.      Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar /slide/video.

·         Kegiatan Inti (70 menit )
a.       Mengamati
1)       Guru meminta peserta didik untuk membaca Buku/referensi tentang konsep asam basa khususnya materi tentang ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam basa Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry.
2)       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari, yaitu ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam basa Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry, seperti: mengamati perbedaan asam dan basa, mengelompokkan asam dan basa, menggolongkan larutan ke dalam asam basa Arrhenius, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli   , dsb).
3)       Peserta didik mengamati gambar/slide/video tentang ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam basa Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry.

b.       Menanyakan (merumuskan masalah/hipotesisi)
1)      Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam basa Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry, seperti: kelompokkan senyawa berikut ini dalam larutan asam atau basa menurut teori Arrhenius!
a.    HClO
b.    H2S
c.    NH2CH3
2)      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam basa Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry.
3)      Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

c.        Mengeksplorasi
1)      Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.
2)      Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam basa Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry.
3)      Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku ajar).

d.       Mengasosiasikan
1)     Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam basa Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry.
2)     Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan konsep ciri-ciri asam, ciri-ciri basa, asam basa Arrhenius, dan asam basa Bronsted Lowry sebagai bahan presentasi di depan kelas.

e.        Mengomunikasikan
1)   Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.
2)   Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
3)   Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

·         Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1.      mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
2.      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3.      memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;
4.      memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;
5.      menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
6.      menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Pertemuan ke-2
·         Pendahuluan (10 menit)
1.      Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.
2.      Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3.      Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.
4.       Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
5.      Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.      Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).
7.      Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar /slide/video.

·         Kegiatan Inti (70 menit )
a.      Mengamati
1)       Guru meminta peserta didik untuk membaca Buku/referensi tentang konsep asam basa khususnya materi tentang cara menentukan besar pH suatu larutan, jenis-jenis pH, dan indikator asam basa.
2)       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari, yaitu cara menentukan besar pH suatu larutan, jenis-jenis pH, dan indikator asam basa, seperti:  mengukur pH suatu larutan dengan menggunakan kertas lakmus, pH meter, atau indikator universal, mengetahui berbagai indikator asam basa, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb).
3)       Peserta didik mengamati gambar/slide/video tentang yaitu cara menentukan besar pH suatu larutan, jenis-jenis pH, dan indikator asam basa.

b.      Menanyakan (merumuskan masalah/hipotesis)
1)       Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar yaitu cara menentukan besar pH suatu larutan, jenis-jenis pH, dan indikator asam basa, seperti: larutan suatu basa lemah dengan Kb = 2,5 ´ 10-5 mempunyai pH sama dengan larutan NaOH 0,002 M. Berapakah konsentrasi larutan basa tersebut?
2)       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait cara menentukan besar pH suatu larutan, jenis-jenis pH, dan indikator asam basa.
3)       Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

c.       Mengeksplorasi
1)       Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.
2)       Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait cara menentukan besar pH suatu larutan, jenis-jenis pH, dan indikator asam basa.
3)       Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku ajar).

d.      Mengasosiasikan
1)        Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan cara menentukan besar pH suatu larutan, jenis-jenis pH, dan indikator asam basa.
2)        Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan cara menentukan besar pH suatu larutan, jenis-jenis pH, dan indikator asam basa sebagai bahan presentasi di depan kelas.

e.       Mengomunikasikan
1)        Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.
2)        Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
3)        Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

·         Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1.      mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
2.      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3.      memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;
4.      memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;
5.      menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
6.      menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

H.    PENILAIAN
No.
Kompetensi
Teknik
Instrumen
Keterangan
1.
KI 3
Tes tertulis
·         Pilihan ganda
·         Uraian
·         Tugas (mandiri atau kelompok)
Terlampir
2
KI 4
Kinerja
·         Lembar laporan tugas
Terlampir


Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A.      Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.       Petunjuk Pengisian
1.      Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan   kadang-kadang tidak melakukannya.
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukannya.
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

C.      Lembar Observasi
Kelas                                : ….
Semester                          : ….
TahunAjaran                    : ….
Periode Pengamatan        : Tanggal … s.d. ….
No.
Aspek Pengamatan
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan.
3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/prestasi
4.
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
5.
Melaksanakan ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuai dengan agama yang dianutnya.
Jumlah Skor

Lembar Observasi
No.
Nama Peserta Didik
Aspek Pengamatan
Jumlah
Rerata Skor
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5




1.










2.










3.










4.










5.










6.










7.










8.










9.










10.










dst











                                                                                                      Guru Mata Pelajaran Kimia


                                                                                                      Rahmawati M., S.Pd.
                                                                                                      NIP. 198707302010012017         




















Penilaian KI 2

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A.      Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi. Sikap sosial yang dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA meliputi: 
a.       jujur
b.      kreatif
c.       disiplin
d.      tanggung jawab
e.       toleransi
f.        gotong royong
g.      santun
h.      responsif
i.        pro aktif
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.       Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang
 kadang tidak melakukannya.
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering
      tidak melakukannya.
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial sebagai berikut.

Tabel Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan Pengertian
Contoh Indikator
1.    Jujur
adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
·          Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
·          Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
·          Mengungkapkan perasaan apa adanya
·          Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
·          Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya
·          Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
2.    Kreatif
Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya.

·          Menghasilkan ide/karya inovatif yang dipublikasikan/dipasarkan.
·          Menghasilkan ide/karya inovatif untuk kalangan sendiri/ skala kecil.
·          Memodifikasi dan menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru.
·          Mencoba membuat ide/karya dari contoh yang sudah ada.
3.    Disiplin
adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

·          Datang tepat waktu
·          Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
·          Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
·          Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar
4.    Tanggung jawab
adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
·          Melaksanakan tugas individu dengan baik
·          Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
·           Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
·          Mengembalikan barang yang dipinjam
·          Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
·          Menepati janji
·          Tidak menyalahkan orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri
·          Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
5.    Toleransi
adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan

·          Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
·          Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
·          Dapat menerima kekurangan orang lain
·          Dapat mememaafkan kesalahan orang lain
·          Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
·          Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain
·          Kesediaan untuk belajar dari (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik
·          Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru
6.    Gotong royong
adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.

·          Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
·          Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
·          Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan
·          Aktif dalam kerja kelompok
·          Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok
·          Tidak mendahulukan kepentingan pribadi
·          Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain
·          Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama
7.    Santun
adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain.

·          Menghormati orang yang lebih tua.
·          Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.
·          Tidak meludah di sembarang tempat.
·          Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
·          Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
·          Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
·          Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
·          Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
8.    Responsif
Adalah kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya

·          Tanggap terhadap kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan
·          Berperan aktif terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial
·          Bergerak cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan
·          Berfikir lebih maju terhadap segala hal
9.    Pro aktif
Adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya.
·          Berinisiatif dalam bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau social
·          Mampu memanfaatkan peluang yang ada
·          Memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang
·          Fokus pada hal-hal yang memungkinkan untuk diubah atau diperbaik

C.       Lembar Observasi
Kelas                                : ….
Semester                           : ….
Tahun Ajaran                   : ….
Periode Pengamatan        : Tanggal … s.d. …
No.
Nama Peserta didik
Sikap
Jumlah
Rerata Skor
Nilai
Keterangan
Jujur
Kreatif
Disiplin
Tanggung Jawab
Toleransi
Gotong Royong
Santun
Responsif
Proaktif
1.














2.














3.














4.














5.














6.














7.














8.














9.














10.














dst















Guru Mata Pelajaran


___________________
NIP.


Penilaian KI 3
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat!
Kerjakanlah dengan jujur! Yakinlah pada kemampuan Anda!
1.    Kelompokkan senyawa berikut ini dalam larutan asam basa menurut Arrhenius!
a.    HClO
b.    H2S
c.    NH2CH3
2.    Larutan suatu basa lemah dengan Kb = 2,5 . 10--5 mempunyai pH sama dengan larutan NaOH 0,002 M. Berapakah konsentrasi larutan basa tersebut?
3.    Tentukan pasangan asam basa konjugasi menurut Bronsted dan Lowry dari reaksi berikut ini!
a.    NH3 + H2PO4  « NH4+ + HPO42-
b.    HSO4- + H2O « H3O+ + SO42-
4.    Hitunglah pH dari 4,9 gram H2SO4 dalam 100 mL larutan (Mr H2SO4 = 98)!
5.    Larutan CH3COOH memiliki pH = 3. Jika Ka CH3COOH = 1 ´ 10–5, hitung harga derajat ionisasinya!

                                                                                               Guru Mata Pelajaran Kimia


                                                                                               Rahmawati M., S.Pd.
                                                                                               NIP. 198707302010012017
















Penilaian KI 4
Penilaian Kerja
Rounded Rectangle: Nama  : …………………………
Kelas  : …………………………
No. Absen : …………………………
 





Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!
A.      Tujuan: Menyelidiki bahan-bahan yang bersifat asam dan basa.
B.       Alat dan Bahan:
1.      Buku referensi
2.      Alat tulis
C.       Cara Kerja
1.      Kunjungilah laboratorium kimia di sekolah Anda!
2.      Catat bahan-bahan yang bersifat asam dan basa!
3.      Tuliskan asam dan basa dalam selembar kertas beserta reaksi ionisasinya!
D.      Hasil Analisis Guru
……………………………………………………………………………………......
……………………………………………………………………………………......
……………………………………………………………………………………......
……………………………………………………………………………………......
……………………………………………………………………………………......




Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN 4 Gowa                                    Guru Mata Pelajaran


Zulkifli Saidah, S.Pd., M.Pd.                                      Rahmawati M., S.Pd.       
NIP. 196701031988121002                                           NIP. 198707302010012017






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ulangan Harian Koloid XII

https://drive.google.com/folderview?id=1-61qkL0wTMbfp5rnOITQAiBL_rbzc9is