RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
Nama Sekolah : SMA
Negeri 2 Towuti
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas /
Semester : XII IPA / 2
Alokasi Waktu : 16 @ 45 menit
Pertemuan ke : 1 - 8
Standar Kompetensi : 4. Memahami senyawa
organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.
4.1. Mendeskripsikan
struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana,
alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
§
Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
§
Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan
gugus fungsinya.
§
Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
§
Menjelaskan sifat-sifat
fisik senyawa karbon.
§
Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
§
Menuliskan reaksi senyawa karbon
Ø
reaksi oksidasi
Ø
reaksi adisi
Ø
reaksi substitusi
Ø
reaksi eliminasi
§
Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa
dapat :
Pertemuan 1- 4 :
§
Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
§
Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan
gugus fungsinya.
Pertemuan
5- 6 :
§
Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
Pertemuan
7 :
§
Menjelaskan sifat-sifat
fisik senyawa karbon.
§
Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa
karbon.
§
Menuliskan reaksi senyawa karbon
-
reaksi oksidasi
-
reaksi adisi
-
reaksi substitusi
-
reaksi eliminasi
§
Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
II. Materi Ajar :
Pertemuan 1-4 : Struktur dan tata nama senyawa
karbon
Pertemuan 5-6 : Isomer
Pertemuan 7 :
-
Sifat-sifat fisis dan sifat-sifat kimia senyawa karbon
-
reaksi senyawa karbon.
-
kegunaan senyawa karbon
III. Metode pendekatan:
o
Penyampaian informasi
o
Diskusi
o
Penugasan
IV. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 :
A.
Kegiatan awal (15
menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa kehadiran siswa
o
Menyampaikan
program semester
o
Mengingatkan kembali materi kelas X tentang :
- Klasifikasi hidrokarbon
- Memperdalam reaksi substitusi atom H dari alkana dengan
beberapa gugus fungsi yang berbeda - beda
B.
Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Menjelaskan gugus fungsi dan jenis senyawa karbon turunan
alkana berdasarkan perbedaan gugus fungsi
o
Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa haloalkana
2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Latihan memberi nama dari senyawa
haloalkana
3.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
o Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui.
C.
Kegiatan Akhir (5
menit)
o
Menyimpulkan materi.
o
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2 :
A.
Kegiatan awal (15
menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa kehadiran siswa
o
Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
B.
Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa turunan hidrokarbon;
2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Memberikan
latihan memberi nama dari senyawa
alkohol, eter, aldehid, keton, asam karboksilat dan ester
o
Meminta
siswa mengerjakan latihan soal ujian nasional berkaitan dengan materi senyawa
turunan hidrokarbon
3.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
o Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui.
C.
Kegiatan Akhir (5
menit)
o
Menyimpulkan materi.
o
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3 :
A.
Kegiatan awal (15
menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa kehadiran siswa
o
Membagi
siswa ke dalam beberapa kelompok
B.
Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Memberikan
tugas yang berbeda kepada setiap kelompok;
2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Meminta
masing-masing kelompok untuk mendiskusikan jawaban untuk soal yang diberikan
3.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o Menyampaikan/menuliskan
jawaban yang benar.
C.
Kegiatan Akhir (5
menit)
o
Menyimpulkan materi.
Pertemuan 4 :
A.
Kegiatan awal (15
menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa kehadiran siswa
o
Meminta
siswa untuk bergabung kembali dengan kelompoknya
B.
Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Mengingatkan
kembali siswa tugas kelompoknya;
2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Meminta
kelompok yang belum tampil untuk mendiskusikan jawaban untuk soal yang
diberikan sedangkan kelompok yang sudah tampil tetap memperhatikan jawaban soal
dari kelompok yang lain
3.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o Menyampaikan/menuliskan
jawaban yang benar.
C.
Kegiatan Akhir (5
menit)
o
Menyimpulkan materi.
Pertemuan 5 :
A.
Kegiatan awal (15
menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa kehadiran siswa
o
Mengorganisasikan
siswa untuk bergabung kembali dengan anggota kelompoknya
B.
Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Menjelaskan
tentang isomer;
o
Memberikan tugas tentang isomer kepada setiap kelompok
2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Meminta
masing-masing kelompok untuk
mendiskusikan jawaban yang benar
3.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o Menyampaikan/menuliskan
jawaban yang benar.
o Guru
menyampaikan hal-hal yang belum diketahui siswa serta mengoreksi jawaban siswa
C.
Kegiatan Akhir (5
menit)
o
Menyimpulkan materi.
Pertemuan 6 :
A.
Kegiatan awal (15
menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa kehadiran siswa
o
Meminta
siswa untuk bergabung kembali dengan kelompoknya
B.
Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Mengingatkan
kembali siswa tugas kelompoknya;
2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Meminta
kelompok yang belum tampil untuk mendiskusikan jawaban untuk soal yang
diberikan sedangkan kelompok yang sudah tampil tetap memperhatikan jawaban soal
dari kelompok yang lain
3.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o Menyampaikan/menuliskan
jawaban yang benar.
Guru menyampaikan hal-hal yang belum diketahui siswa
serta mengoreksi jawaban siswa
C.
Kegiatan Akhir (5
menit)
o
Menyimpulkan materi.
Pertemuan 7 :
A.
Kegiatan awal (15
menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa kehadiran siswa
B.
Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Menjelaskan
tentang sifat fisis dan sifat kimia senyawa karbon, kegunaan senyawa karbon;
2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Membahas
soal tentang senyawa turunan hidrokarbon dengan penekanan pada materi sifat
fisis dan sifat kimia senyawa karbon, kegunaan senyawa karbon;
3.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
o Guru
menyampaikan hal-hal yang belum diketahui siswa serta mengoreksi jawaban siswa
C.
Kegiatan Akhir (5
menit)
o
Menyimpulkan materi.
Pertemuan 8 :
A.
Kegiatan awal (15
menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa kehadiran siswa
B.
Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Menjelaskan
tentang sifat fisis dan sifat kimia senyawa karbon, kegunaan senyawa karbon;
2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Membahas
soal tentang senyawa turunan hidrokarbon dengan penekanan pada materi sifat
fisis dan sifat kimia senyawa karbon, kegunaan senyawa karbon;
3.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
o Guru
menyampaikan hal-hal yang belum diketahui siswa serta mengoreksi jawaban siswa
C.
Kegiatan Akhir (5
menit)
o
Menyimpulkan materi.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
o
Buku Kimia; Modul Spirit
Penilaian:
-
Teknik
·
Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan
tes tertulis dengan mengerjakan soal di depan kelas seputar materi.
·
Pengamatan sikap
(afektif)
Kehadiran
, keaktifan , minat , kerjasama.
·
Tugas individu (kognitif)
Memberikan penilaian terhadap tugas individu yang
dikerjakan siswa di rumah.
-
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda
-
Contoh Instrumen : Modul Spirit Persiapan UN Kelas XII
Mengetahui, Towuti, Januari 2016
Kepala SMA Negeri 2
Towuti, Guru
Mata Pelajaran,
ANSAR SAID,S.Pd RAHMAWATI. M,S.Pd
NIP: 19700805 199702 1 001 NIP.19870730
201001 2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar