Jumat, 06 Juli 2018

RPP Mapel Kimia Kelas XII Semester 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Nama Sekolah       :  SMA Negeri 2 Towuti
Mata Pelajaran      :  Kimia
Kelas / Semester     :  XII IPA / 2
Alokasi Waktu       : 16 @ 45 menit
Pertemuan ke        : 1 - 8
Standar Kompetensi :  4. Memaha­­­­mi senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.

Kompetensi dasar   : 
4.1. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi ­­­senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)

Indikator Pencapaian Kompetensi: 
§  Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
§  Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.
§  Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
§  Menjelaskan sifat-sifat  fisik senyawa karbon.
§  Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
§  Menuliskan reaksi senyawa karbon
Ø  reaksi oksidasi
Ø  reaksi adisi
Ø  reaksi substitusi
Ø  reaksi eliminasi
§  Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon

I.      Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
Pertemuan 1- 4 :
§  Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
§  Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.
Pertemuan 5- 6 :
§  Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
Pertemuan 7 :
§  Menjelaskan sifat-sifat  fisik senyawa karbon.
§  Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
§  Menuliskan reaksi senyawa karbon
-        reaksi oksidasi
-        reaksi adisi
-        reaksi substitusi
-        reaksi eliminasi
§  Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon
Karakter siswa yang diharapkan  :  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   :  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

II.      Materi Ajar      : 
Pertemuan 1-4 : Struktur dan tata nama senyawa karbon
Pertemuan 5-6 : Isomer
Pertemuan 7    :
-        Sifat-sifat fisis dan sifat-sifat kimia senyawa karbon
-        reaksi senyawa karbon.
-        kegunaan senyawa karbon

III.      Metode pendekatan:
o   Penyampaian informasi
o   Diskusi
o   Penugasan

IV.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
A.   Kegiatan awal (15 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Menyampaikan program semester
o   Mengingatkan kembali materi kelas X tentang :
- Klasifikasi hidrokarbon
- Memperdalam reaksi substitusi atom H dari alkana dengan beberapa gugus fungsi yang berbeda - beda
B.   Kegiatan Inti (70 menit)
1.    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menjelaskan gugus fungsi dan jenis senyawa karbon turunan alkana berdasarkan perbedaan gugus fungsi
o   Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa haloalkana
2.   Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Latihan memberi nama dari senyawa  haloalkana
3.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

C.   Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan materi.
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2 :
A.   Kegiatan awal (15 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
B.   Kegiatan Inti (70 menit)
1.    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa turunan hidrokarbon;
2.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Memberikan latihan memberi nama dari senyawa alkohol, eter, aldehid, keton, asam karboksilat dan ester
o   Meminta siswa mengerjakan latihan soal ujian nasional berkaitan dengan materi senyawa turunan hidrokarbon
3.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

C.   Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan materi.
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3 :
A.   Kegiatan awal (15 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
B.   Kegiatan Inti (70 menit)
1.    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Memberikan tugas yang berbeda kepada setiap kelompok;
2.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Meminta masing-masing kelompok untuk mendiskusikan jawaban untuk soal yang diberikan
3.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyampaikan/menuliskan jawaban yang benar.

C.   Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan materi.

Pertemuan 4 :
A.   Kegiatan awal (15 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Meminta siswa untuk bergabung kembali dengan kelompoknya
B.   Kegiatan Inti (70 menit)
1.    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Mengingatkan kembali siswa tugas kelompoknya;
2.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Meminta kelompok yang belum tampil untuk mendiskusikan jawaban untuk soal yang diberikan sedangkan kelompok yang sudah tampil tetap memperhatikan jawaban soal dari kelompok yang lain
3.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyampaikan/menuliskan jawaban yang benar.

C.   Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan materi.

Pertemuan 5 :
A.   Kegiatan awal (15 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Mengorganisasikan siswa untuk bergabung kembali dengan anggota kelompoknya
B.   Kegiatan Inti (70 menit)
1.    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menjelaskan tentang isomer;
o   Memberikan tugas tentang  isomer kepada setiap kelompok
2.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Meminta masing-masing kelompok  untuk mendiskusikan jawaban yang benar
3.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyampaikan/menuliskan jawaban yang benar.
o   Guru menyampaikan hal-hal yang belum diketahui siswa serta mengoreksi jawaban siswa
C.   Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan materi.

Pertemuan 6 :
A.   Kegiatan awal (15 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Meminta siswa untuk bergabung kembali dengan kelompoknya
B.   Kegiatan Inti (70 menit)
1.    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Mengingatkan kembali siswa tugas kelompoknya;
2.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Meminta kelompok yang belum tampil untuk mendiskusikan jawaban untuk soal yang diberikan sedangkan kelompok yang sudah tampil tetap memperhatikan jawaban soal dari kelompok yang lain
3.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyampaikan/menuliskan jawaban yang benar.
Guru menyampaikan hal-hal yang belum diketahui siswa serta mengoreksi jawaban siswa
C.   Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan materi.

Pertemuan 7 :
A.   Kegiatan awal (15 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
B.   Kegiatan Inti (70 menit)
1.    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menjelaskan tentang sifat fisis dan sifat kimia senyawa karbon, kegunaan senyawa karbon;
2.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Membahas soal tentang senyawa turunan hidrokarbon dengan penekanan pada materi sifat fisis dan sifat kimia senyawa karbon, kegunaan senyawa karbon;
3.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
o   Guru menyampaikan hal-hal yang belum diketahui siswa serta mengoreksi jawaban siswa
C.   Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan materi.

Pertemuan 8 :
A.   Kegiatan awal (15 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
B.   Kegiatan Inti (70 menit)
1.    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menjelaskan tentang sifat fisis dan sifat kimia senyawa karbon, kegunaan senyawa karbon;
2.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Membahas soal tentang senyawa turunan hidrokarbon dengan penekanan pada materi sifat fisis dan sifat kimia senyawa karbon, kegunaan senyawa karbon;
3.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
o   Guru menyampaikan hal-hal yang belum diketahui siswa serta mengoreksi jawaban siswa
C.   Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan materi.

Alat / Bahan / Sumber Belajar     : 
o   Buku Kimia; Modul Spirit
Penilaian:
-        Teknik
·         Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan tes tertulis dengan mengerjakan soal di depan kelas seputar materi.
·         Pengamatan sikap (afektif)
Kehadiran , keaktifan , minat , kerjasama.
·         Tugas individu  (kognitif)
Memberikan  penilaian terhadap tugas individu yang dikerjakan siswa di rumah.
-        Bentuk Instrumen  : Pilihan ganda
-        Contoh Instrumen : Modul Spirit Persiapan UN Kelas XII





Mengetahui,                                                                Towuti,    Januari 2016         
Kepala SMA Negeri 2 Towuti,                                    Guru Mata Pelajaran,



ANSAR SAID,S.Pd                                         RAHMAWATI. M,S.Pd
NIP: 19700805 199702 1 001                          NIP.19870730 201001 2017




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ulangan Harian Koloid XII

https://drive.google.com/folderview?id=1-61qkL0wTMbfp5rnOITQAiBL_rbzc9is