Jumat, 06 Juli 2018

Silabus Mapel Kimia Kelas XI


Satuan Pendidikan        :  SMA/MA

Kelas                              :  XI (sebelas)

Kompetensi Inti
KI 1    : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan  proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3   : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4    : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara    mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbang-an kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahu-an tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.


Pembelajaran pada KD KI-1 dan  KI-2 terintegrasi dalam pembelajaran KD pada KI-3 dan KI-4 melalui indirect teaching (pembelajaran tak langsung).


Penilaian hasil belajar pada KD KI-1 dan  KI-2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan pendidik)


1.2. Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  minyak bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.


·      Pembelajaran pada KD KI-1 dan  KI-2 terintegrasi dalam pembelajaran KD pada KI-3 dan KI-4 melalui indirect teaching (pembelajaran tak langsung)



·      Penilaian hasil belajar pada KD KI-1 dan  KI-2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan pendidik)



2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.


·      Pembelajaran pada KD KI-1 dan  KI-2 terintegrasi dalam pembelajaran KD pada KI-3 dan KI-4 melalui indirect teaching (pembelajaran tak langsung)



·      Penilaian hasil belajar pada KD KI-1 dan  KI-2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan pendidik)



2.2. Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.


·      Pembelajaran pada KD KI-1 dan  KI-2 terintegrasi dalam pembelajaran KD pada KI-3 dan KI-4 melalui indirect teaching (pembelajaran tak langsung)


·      Penilaian hasil belajar pada KD KI-1 dan  KI-2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan pendidik)


2.3. Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan


·      Pembelajaran pada KD KI-1 dan  KI-2 terintegrasi dalam pembelajaran KD pada KI-3 dan KI-4 melalui indirect teaching (pembelajaran tak langsung)


·      Penilaian hasil belajar pada KD KI-1 dan  KI-2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan pendidik)


3.1. Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.
Senyawa Hidrokarbon dan Minyak Bumi
·  Senyawa hidrokarbon (Identifikasi atom C dan H)
·  Kekhasan atom karbon.
·  Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner.
·  Struktur Alkana, alkena dan alkuna
·  Isomer
·  Sifat-sifat  fisik alkana, alkena dan alkuna
·  Reaksi senyawa hidrokarbon

































Minyak bumi
·      Fraksi  minyak bumi
·      Mutu  bensin
·     Dampak pembakaran bahan bakar  dan cara me ngatasinya
·   Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
Mengamati
·     Mengkaji dari berbagai sumber tentang senyawa hidrokarbon
·     Mengamati demonstrasi pembakaran senyawa karbon (contoh pemanasan gula).

Menanya
·     Mengajukan pertanyaan terkait dengan hasil pengamatan tentang hidrokarbon, misalnya:
-        Mengapa senyawa hidrokarbon banyak sekali terdapat di alam?
-        Bagaimana cara mengelompokkan senyawa hidrokarbon?
-        Bagaimana cara memberi nama senyawa hidrokarbon?
-        Senyawa apa yang terbentuk pada reaksi pembakaran hidrokarbon?

Mengumpulkan Informasi
·     Menganalisis senyawa yang terjadi pada pembakaran senyawa karbon berdasarkan hasil pengamatan
·     Menganalisis kekhasan atom karbon
·     Menganalisis jenis  atom C berdasarkan jumlah atom C yang terikat  dari rantai atom karbon (atom C primer, sekunder , tertier, dan kuarterner)
·     Menentukan rumus umum Alkana, alkena dan alkuna berdasarkan analisis rumus strukturnya.
·     Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna
·     Mendiskusikan pengertian isomer (isomer rangka, posisi, fungsi, geometri)
·     Memprediksi isomer dari senyawa hidrokarbon
·     Menganalisis reaksi senyawa hidrokarbon

Menalar/Mengasosiasi
·      Menghubungkan rumus struktur alkana, alkena dan alkuna dengan sifat fisiknya
·      Berlatih membuat isomer senyawa karbon
·      Berlatih menuliskan reaksi senyawa karbon

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran dengan lisan atau tertulis, dengan menggunakan tata bahasa yang benar.


Mengamati  
·      Menggali informasi dengan cara membaca/ mendengar/menyimak tentang, proses pembentukan minyak bumi dan gas alam,  komponen-komponen utama penyusun minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya

Menanya
·     Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan bagaimana terbentuknya minyak bumi dan gas alam, cara pemisahan (fraksi minyak bumi), bagaimana meningkatkan mutu bensin, apa dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam.

Mengumpulkan Informasi
·     Mengumpulkan informasi tentang proses penyulingan bertingkat
·     Mengumpulkan informasi tentang dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam.

Menalar/Mengasosiasi
·      Menganalisis proses penyulingan bertingkat untuk menyimpulkan dasar dan teknik pemisahan minyak bumi menjadi fraksi-fraksinya.
·      Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
·      Menyimpulkan dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
·      Mengajukan gagasan tentang bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam

Mengomunikasikan
·      Mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan menggunakan tata bahasa yang  benar.

Sikap
·     Observasi perilaku  ilmiah, antara lain: disiplin, jujur, tanggugja-wab, kerja sama, kreatif, dan peduli dalam melakukan percobaan dan presentasi.


Pengetahuan
Tes tertulis uraian menganalisis:
·     Kekhasan atom karbon.
·     Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner.
·     Struktur akana, alkena dan alkuna serta tatanama menurut IUPAC
·     Isomer
·     Sifat-sifat  fisik alkana, alkena dan alkuna
·     Pemahaman reaksi senyawa karbon
·     Mengevaluasi dampak pembakaran minyak bumi dan gas alam.

Tugas
·  Membuat bahan presentasi tentang minyak bumi dan bahan bakar alternatif pengganti minyak bumi dan gas alam dalam kerja kelompok serta mempresentasi-kan.


Keterampilan
Proyek
·   Mendata kebutuhan konsumsi elpiji di rumah tangga dan mengajukan gagasan energi alternatif

Portofolio
·     Laporan hasil
   identifikasi atom C,H dan O  dalam sampel
·     Bahan presentasi








12 JP



·      Buku kimia
·      Lembar kerja
·      molymod
·      Berbagai sumber dari migas atau yang lainnya

3.2. Memahami proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
3.3.   Mengevaluasi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
4.1.   Mengolah dan menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.
4.2.   Menyajikan hasil pemahaman tentang proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya.
4.3.   Menyajikan hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.





























3.4.  Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.

Thermokimia
·   Reaksi eksoterm dan  reaksi endoterm
·   Perubahan entalpi reaksi
-   Kalorimeter
-   Hukum Hess
-   Energi ikatan






























Mengamati  
·      Mengkaji literatur tentang sistem dan lingkungan
·      Mengamati reaksi eksoterm dan endoterm
·      Mengkaji literatur tentang perubahan entalpi pembentukan standar.

Menanya
·      Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan reaksi eksoterm dan endoterm dalam kehidupan  sehari-hari,
·      Bagaimana menentukan perubahan entalpi   reaksi
·      Mengapa pemerintah mengkonversi minyak tanah menjadi LPG?

Mengumpulkan Informasi
·     Mendiskusikan pengertian sistem dan lingkungan
·     Mendiskusikan macam-macam perubahan entalpi
·     Merancang percobaan dan mempresentasikan hasilnya:
-  Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm
    - Penentuan Perubahan Entalpi dengan Kalorimeter
-     Penentuan Kalor Pembakaran Bahan Bakar 
·     Melakukan percobaan:
-          Reaksi eksoterm dan Reaksi Endoterm
-          Penentuan Perubahan Entalpi dengan Kalorimeter
-          Penentuan kalor pembakaran bahan bakar
·     Mengamati dan mencatat hasil percobaan

Menalar/Mengasosiasi
·     Menganalisis data untuk membuat diagram siklus dan diagram tingkat energi
·     Mengolah data untuk menentukan harga perubahan entalpi (azas Black)
·     Membandingkan perubahan entalpi pembakaran sempurna dengan pembakaran tidak sempurna melalui perhitungan
·     Menghubungkan perubahan entalpi reaksi dengan energi ikatan
·     Menghitung perubahan entalpi berdasarkan  hukum Hess dan energi ikatan.

Mengomunikasikan
·     Membuat laporan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
·     Mempresentasikan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
Sikap
·     Observasi perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat  skala volume  dan suhu, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komuni-katif, dan peduli lingkungan, dsb)



Pengetahuan
Tes tertulis uraian tentang:
·     Pemahaman reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
·     Membuat diagram siklus dan diagram tingkat energi berdasar-kan data.
·     Menentukan perubahan entalpi (H) reaksi dengan hukum Hess dan data energi ikatan

Keterampilan
Praktik/Unjuk Kerja
·     Merancang dan melakukan percobaan reaksi eksoterm, reaksi endoterm dan mengkaitkannya dengan peristiwa sehari-hari
·     Merancang dan melakukan percobaan penentuan perubahan entalpi dengan kalorimeter dan mengkaitkannya dengan peristiwa sehari-hari.

·     Merancang dan melakukan percobaan penentuan kalor pembakaran bahan bakar
Portofolio
·     Laporan percobaan

12 JP







































-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya



































3.5.  Menentukan DH reaksi berdasarkan hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan.
4.4.  Merancang, melakukan, menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
4.5.  Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan penentuan DH suatu reaksi.
3.6.   Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
Laju Reaksi
·  Teori tumbukan
·  Faktor-faktor penentu laju reaksi
·  Orde reaksi dan
   persamaan laju reaksi
Mengamati  
·     Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati reaksi yang berjalan sangat cepat dan reaksi yang berjalan sangat lambat, contoh  petasan, perkaratan (korosi)

Menanya
·     Mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mengapa ada reaksi yang lambat dan reaksi yang cepat

Mengumpulkan Informasi
·     Mendiskusikan pengertian laju reaksi
·     Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
·     Merancang percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (ukuran, konsentrasi, suhu dan katalis) dan mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
·     Mengamati dan mencatat data hasil percobaan

Menalar/Mengasosiasi 
·     Mengolah data untuk membuat grafik laju reaksi
·     Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
·     Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan untuk menentukan orde reaksi dan persamaan laju reaksi
·     Menyimpulkan peran katalis dalam industri kimia.

Mengomunikasikan
·     Membuat laporan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
·     Mempresentasikan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
Sikap
·     Observasi perilaku  ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat  skala volume      dan suhu, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, tanggungjawab,  dan peduli lingkungan, dsb)


Pengetahuan
Tes tertulis uraian
·     Menganalsis data hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
·     Membuat grafik laju reaksi berdasarkan data
·     Menganalisis data hasil percobaan untuk menentu-kan orde reaksi dan persamaan laju reaksi


Keterampilan
Praktik
·     Merancang percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Portofolio
·     Laporan percobaan

12 JP
























-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya





















3.7.   Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan menentukan orde reaksi berdasarkan data hasil percobaan.
4.6.   Menyajikan hasil pemahaman terhadap teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
4.7.   Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil  percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan orde reaksi. 
3.8.       Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.
Kesetimbangan Kimia
·     Kesetimbang-an dinamis
·     Pergeseran arah kesetim-bangan
·     Tetapan kesetimbang-an (Kc dan Kp)



Mengamati  
·     Mengamati dengan cara membaca/ mendengar /melihat dari berbagai sumber tentang kesetimbangan kimia,contoh demonstrasi reaksi timbal sulfat dengan kalium iodida yang terbentuk warna kuning, setelah penambahan natriumsulfat kembali terbentuk endapan putih.

Menanya
·     Mengajukan pertanyaan mengapa terjadi reaksi balik (reaksi kesetimbangan dinamis)
·     Faktor apa saja yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan?

Mengumpulkan Informasi
·     Mendiskusikan reaksi yang terjadi berdasarkan hasil demonstrasi
·     Mendiskusikan terjadinya reaksi kesetimbangandan jenis-jenisnya
·     Menuliskan persamaan reaksi kesetimbangan
·     Merancang percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dan mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan (konsentrasi, volum, tekanan dan suhu)
·     Mengamati dan mencatat data hasil percobaan

Menalar/Mengasosiasi
·     Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan
·     Mengaplikasikan faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam industri
·     Menentukan komposisi zat dalam keadaan setimbang, derajat disosiasi (α),  tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp) dan hubungan Kc dengan Kp

Mengomunikasikan
·     Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar.

Sikap
·     Observasi perilaku ilmiah dalam merancang dan melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat  skala volume dan suhu, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunika-tif, dan peduli lingkungan, dsb)

Pengetahuan
Tes tertulis uraian
·     Menganalisis data faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan
·     Menentukan komposisi zat dalam keadaan setimbang, derajat disosiasi (α),  tetapan kesetimbang-an (Kc dan Kp) dan hubungan Kc dengan Kp

Keterampilan
Praktik/Unjuk Kerja
·     Merancang dan melakukan  percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan

Portofolio
·   Laporan percobaan

16 JP
-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya





















3.9.       Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
4.8.       Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
4.9.       Memecahkan masalah terkait hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
3.10.    Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.

Asam dan Basa
·     Perkembangan konsep  asam dan basa
·     Indikator
·     pH asam lemah, basa lemah, dan  pH asam kuat basa kuat


Mengamati  
·     Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati dan menyimpulkan data percobaan untuk memahami teori asam dan basa, indikator alam dan indikator kimia, pH (asam/basa lemah, asam/basa kuat)

Menanya
·     Adakah bahan-bahan disekitar  kita yang dapat berfungsi sebagai indikator?
·    Apa perbedaan asam lemah dengan asam kuat dan basa lemah dengan basa kuat?

Mengumpulkan Informasi
·     Mengidentifikasi beberapa larutan asam basa dengan beberapa indikator
·    Menganalisis teori asam basa berdasarkan konsep Arrhenius, Bronsted Lowry dan Lewis
·    Mendiskusikan bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator
·    Merancang percobaan untuk pembuatan indikator alam dan mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi.
·    Melakukan percobaan pembuatan indikator alam dan mengaplikasikannya.
·    Mendiskusikan perbedaan asam lemah dengan asam kuat serta basa lemah dengan basa kuat
·    Merancang percobaan untuk membedakan asam lemah dengan asam kuat  serta basa lemah dengan basa kuat yang konsentrasinya sama menggunakan indikator universal atau pH meter dan mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
·    Melakukan percobaan untuk membedakan asam lemah dengan asam kuat  serta basa lemah dengan basa kuat yang konsentrasinya sama menggunakan indikator universal atau pH meter
·    Mengamati dan mencatat hasil percobaan

Menalar/Mengasosiasi
·     Menyimpulkan konsep asam basa menurut Arrhenius, Bronsted Lowry dan Lewis
·    Mengolah data hasil percobaan dan menyimpulkannya.
·    Memprediksi pH larutan dengan menggunakan beberapa indikator.
·    Menyimpulkan perbedaan asam lemah dengan asam kuat serta basa lemah dengan basa kuat
·    Menghitung pH larutan asam dan larutan basa
·    Menghubungkan asam lemah dengan asam kuat serta basa lemah dengan basa kuat untuk
mendapatkan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi ( Ka )

Mengomunikasikan
·    Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
Sikap
·     Observasi perilaku  ilmiah dalam merancang dan melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat  skala volume, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunika-tif, dan peduli lingkungan, dsb)


Pengetahuan
Tes tertulis uraian
·     Pemahaman konsep asam basa
·     Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
·     Menganalisis kekuatan asam basa dihubungan dengan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi (Ka )


Keterampilan
Praktik
·     Merancang  dan melakukan percobaan pembuatan indikator alam
·     Merancang dan melakukan percobaan kekuatan asam dan basa

Proyek
·      Menyelidiki kadar asam asetat dalam cuka dapur berbagai merek

Portofolio
·     Laporan percobaan

12 JP
-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya

4.10.    Mengajukan ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi asam/basa.

3.11.    Menentukan konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan data  hasil titrasi asam basa.
Titrasi
·     Titrasi asam basa
·     Kurva titrasi


Mengamati  
·     Mencari informasi dari berbagai sumber tentang titrasi asam basa .

Menanya
·     Bagaimana memilih indikator yang tepat dalam titrasi asam basa? Kapan titrasi dinyatakan selesai?
·    Bagaimana menguji kebenaran konsentrasi suatu produk, misalnya cuka dapur 25%.

Mengumpulkan Informasi
·     Merancang percobaan titrasi asam basa dan mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
·    Memprediksi indikator yang dapat digunakan untuk titrasi asam basa
·    Melakukan percobaan titrasi asam basa.
·    Mengamati dan mencatat data hasil titrasi

Menalar/Mengasosiasi
·    Mengolah data hasil percobaan
·    Menentukan konsentasi pentiter atau zat yang dititer
·    Menentukan kemurnian suatu zat
·    Menganalisis kurva titrasi dan menentukan titik ekivalen melalui titik akhir titrasi

Mengomunikasikan
·     Membuat laporan titrasi asam basa dan  mempresentasikannya dengan   menggunakan tata bahasa yang benar.
·    Mengkomunikasikan bahwa untuk menentukan kemurnian suatu zat dapat dilakukan dengan cara titrasi asam basa.
Sikap
·   Mengamati perilaku ilmiah dalam merancang dan  melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: merangkai alat titrasi melihat  skala volume, cara mengisi buret, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)




Pengetahuan
Tes tertulis uraian
·    Menentukan konsentasi pentiter atau zat yang dititer
·     Menganalisis kurva titrasi dan menentukan titik ekivalen melalui titik akhir titrasi


Keterampilan
Praktik/Kinerja
·     Merancang  dan melakukan percobaan titrasi asam basa
·     Membuat kurva/grafik titrasi
Portofolio
·   Laporan percobaan
·   Kurva titrasi
12 JP
-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya
4.11.    Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil  percobaan titrasi asam-basa.





3.12. Menganalisis garam-garam yang mengalami hidrolisis.
Hidrolisis
·     Sifat garam yang terhidrolisis
·     Tetapan hidrolisis (Kh)
·     pH garam yang terhidrolisis

Mengamati  
·     Mencari informasi dari berbagai sumber tentang hidrolisis garam

Menanya
·    Mengapa garam ada yang bersifat asam, basa dan netral?

Mengumpulkan Informasi
·     Merancang percobaan untuk identifikasi pH garam dan mempresentasikannya untuk menyamakan persepsi
·    Melakukan percobaan untuk identifikasi pH garam dengan menggunakan kertas lakmus atau indikator universal atau pH meter
·    Mengamati dan mencatat data hasil percobaan

Menalar/Mengasosiasi
·     Mengolah dan menganalisis data hasil pengamatan
·    Menyimpulkan sifat garam yang terhidrolisis
·     Menganalisis rumus kimia  garam-garam  dan memprediksi sifatnya
·    Menentukan grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat garam yang terhidrolisis
·    Menentukan tetapan hidrolisis (Kh) dan pH larutan garam yang terhidrolisis melalui perhitungan

Mengomunikasikan
·     Membuat laporan percobaan identifikasi garam dan mempresentasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar

Sikap
·     Observasi perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: cara menggunakan kertas lakmus,  indikator universal atau pH meter; keaktifan, kerja sama, komunika-tif, dan peduli lingkungan, dsb)


Pengetahuan
Tes tertulis uraian
·    Menganalisis grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat garam yang terhidrolisis
·    Menentukan tetapan hidrolisis (Kh) dan pH larutan garam yang terhidrolisis melalui perhitungan


Keterampilan
Praktik
·     Merancang dan melakukan percobaan identifikasi pH gram
Portofolio
·   Laporan percobaan
12 JP
-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya

4.12. Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis.

3.13.    Menganalisis peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
Larutan Penyangga
·     Sifat larutan penyangga
·     pH larutan penyangga
·     Peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup

Mengamati  
·     Mencari informasi dari berbagai sumber  tentang  larutan penyangga, sifat dan pH larutan penyangga serta peranannya dalam tubuh makhluk hidup
·    Mencari informasi tentang darah yang berhubungan dengan kemampuannya dalam mempertahankan pH. 

Menanya
·     Bagaimana terbentuknya larutan penyangga
·     Mengapa larutan penyangga pHnya relatif tidak berubah dengan penambahan sedikit asam atau basa
·     Mengapa pH darah relatif tetap?

Mengumpulkan Informasi
·     Menganalisis terbentuknya larutan penyangga
·    Menganalisis sifat larutan penyangga
·    Merancang percobaan untuk membedakan larutan yang bersifat penyangga atau larutan yang bukan penyangga dengan menggunakan indikator universal atau pH meter serta mempresentasikannya untuk menyamakan persepsi
·    Merancang percobaan untuk membedakan sifat larutan penyangga atau larutan yang bukan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau basa atau diencerkan serta mem-presentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan
·    Mengamati dan mencatat data hasil pengamatan

Menalar/Mengasosiasi
·     Mengolah dan menganalisis data untuk menyimpulkan larutan yang bersifat penyangga
·     Menentukan pH larutan penyangga melalui perhitungan
·    Menentukan grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat larutan penyangga

Mengomunikasikan
·    Membuat laporan percobaan dan mempresentasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar
·    Mengkomunikasikan sifat larutan penyangga dan manfaat larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

Sikap
·     Observasi perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: cara menggunakan kertas lakmus,  indikator universal atau pH meter; melihat  skala volume, cara  menggunakan pipet, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)


Pengetahuan
Tugas
·     Merancang percobaan larutan penyangga

Tes tertulis uraian
·     Menganalisis data untuk menyimpulkan larutan yang bersifat penyangga
·     Menghitung pH larutan penyangga
·     Menganalisis grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat larutan penyangga

Keterampilan
Portofolio
·     Laporan percobaan

12 JP
-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya

4.13.    Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan sifat larutan penyangga.

3.14.    Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).

Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
·  Kelarutan dan hasilkali kelarutan
·  Memprediksi terbentuknya endapan
·  Pengaruh penambahan ion senama
Mengamati  
·     Mencari informasi dari berbagai sumber dengan membaca/mendengar/mengamati tentang kelarutan dan hasilkali kelarutan serta memprediksi terbentuknya endapan dan pengaruh penambahan ion senama

Menanya
·     Bagaimana hubungan antara kelarutan dan hasilkali kelarutan.
·     Mengapa Kapur (CaCO3) sukar larut dalam  air?

Mengumpulkan Informasi
·     Mendiskusikan reaksi kesetimbangan dalam larutan
·     Mendiskusikan rumus tetapan kesetimbangan (Ksp)
·     Merancang percobaan kelarutan suatu zat dan mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan kelarutan suatu zat
·     Mengamati dan mencatat data hasil percobaan

Menalar/Mengasosiasi
·     Menyimpulkan hubungan kelarutan dan hasil kali kelarutan
·     Menyimpulkan pengaruh ion senama pada kelarutan.
·     Memprediksi kelarutan suatu zat
·     Menghitung kelarutan dan hasil kali kelarutan
·     Mengolah data hasil percobaan dan menyimpulkannya

Mengomunikasikan
·     Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar.

Sikap
·     Observasi perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat  skala volume dan suhu, cara  menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunika-tif, tanggung jawab, dan peduli lingkungan, dsb)

Pengetahuan
Tes tertulis uraian
·     Menghitung kelarutan dan hasilkali kelarutan
·     Memprediksi kelarutan suatu zat

Keterampilan
Praktik
·     Merancang dan melakukan percobaan reaksi pengendapan

Portofolio
·     Laporan percobaan

16 JP
-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya

















4.14.    Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan untuk memprediksi terbentuknya endapan.

3.15.    Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
Koloid
·     Sistem koloid
·     Sifat koloid
·     Pembuatan koloid
·     Peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari dan industri
Mengamati  
·     Mencari informasi dari berbagai sumber dengan membaca/mendengar/mengmati tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari
·     Mencari contoh-contoh koloid yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.

Menanya
·    Bagaimana peran sistem koloid dalam kehidupan, misalnya dalam pembuatan kosmetik, farmasi,  bahan makanan dan lain-lain)
·     Bagaimana peran sabun dalam membersihkan piring kotor?

Mengumpulkan Informasi
·    Mendiskusikan hasil bacaan tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari
·    Merancang percobaan pembuatan koloid dan mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
·    Melakukan percobaan pembuatan koloid
·    Mengamati dan mencatat data hasil percobaan
·    Mendiskusikan bahan/zat yang berupa koloid dalam industri farmasi, kosmetik, bahan makanan, dan lain-lain

Menalar/Mengasosiasi
·    Menyimpulkan sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat peta konsep.
·    Menganalisis dan menyimpulkan data hasil percobaan
·    Menghubungkan sistem koloid dengan sifat-sifatnya
·    Membedakan koloid liofob dan koloid hidrofob

Mengomunikasikan
·    Mempresentasikan peta konsep sistem koloid, sifat-sifat koloid,  dan pembuatan koloid serta peranannya dalam kehidupan
·    Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar.

Sikap
Observasi
·     Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya:   cara menggunakan senter (effek Tyndall), keaktifan, kerja sama, komunikatif, tanggung jawab, dan peduli lingkungan, dsb)

Pengetahuan
Tes tertulis uraian
·     Pemahaman sistem koloid, sifat-sifat koloid,  dan pembuatan koloid serta peranannya dalam kehidupan.

Tugas
·     Membuat peta konsep tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranannya dalam kehidupan.

Keterampilan
Praktik
·     Merancang dan melakukan percobaan pembuatan koloid

Portofolio
·     Peta konsep
·     Laporan percobaan

12 JP
-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya



















4.15.    Mengajukan ide/gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan pengalaman membuat beberapa jenis koloid.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ulangan Harian Koloid XII

https://drive.google.com/folderview?id=1-61qkL0wTMbfp5rnOITQAiBL_rbzc9is