Satuan
Pendidikan :
SMA/MA
Kelas : XI (sebelas)
Kompetensi Inti
KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif,
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3 : Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari
adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,
kesetimbang-an kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahu-an tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
Pembelajaran
pada KD KI-1 dan KI-2 terintegrasi
dalam pembelajaran KD pada KI-3 dan KI-4 melalui indirect teaching (pembelajaran tak langsung).
|
Penilaian hasil belajar pada KD KI-1 dan
KI-2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar
teman, dan jurnal (catatan pendidik)
|
|||
1.2.
Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa
minyak bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang
lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran
rakyat Indonesia.
|
·
Pembelajaran pada KD KI-1 dan KI-2 terintegrasi dalam pembelajaran KD
pada KI-3 dan KI-4 melalui indirect
teaching (pembelajaran tak langsung)
|
· Penilaian hasil belajar pada KD
KI-1 dan KI-2 dilakukan melalui
observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan
pendidik)
|
|||
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan
opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
·
Pembelajaran pada KD KI-1 dan KI-2 terintegrasi dalam pembelajaran KD
pada KI-3 dan KI-4 melalui indirect
teaching (pembelajaran tak langsung)
|
· Penilaian hasil belajar pada KD KI-1
dan KI-2 dilakukan melalui observasi,
penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan pendidik)
|
|||
2.2.
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta
damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
·
Pembelajaran pada KD KI-1 dan KI-2 terintegrasi dalam pembelajaran KD
pada KI-3 dan KI-4 melalui indirect
teaching (pembelajaran tak langsung)
|
· Penilaian hasil belajar pada KD KI-1
dan KI-2 dilakukan melalui observasi,
penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan pendidik)
|
|||
2.3.
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
·
Pembelajaran pada KD KI-1 dan KI-2 terintegrasi dalam pembelajaran KD
pada KI-3 dan KI-4 melalui indirect
teaching (pembelajaran tak langsung)
|
· Penilaian hasil belajar pada KD
KI-1 dan KI-2 dilakukan melalui
observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan
pendidik)
|
|||
3.1.
Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon
berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.
|
Senyawa Hidrokarbon dan Minyak Bumi
· Senyawa hidrokarbon (Identifikasi atom C dan H)
· Kekhasan atom karbon.
· Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner.
· Struktur Alkana, alkena dan alkuna
· Isomer
· Sifat-sifat fisik alkana, alkena
dan alkuna
· Reaksi senyawa hidrokarbon
Minyak bumi
·
Fraksi
minyak bumi
·
Mutu
bensin
· Dampak pembakaran bahan bakar dan
cara me ngatasinya
· Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mengamati
· Mengkaji dari berbagai sumber tentang senyawa hidrokarbon
· Mengamati demonstrasi pembakaran senyawa karbon (contoh pemanasan gula).
Menanya
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan hasil pengamatan tentang
hidrokarbon, misalnya:
-
Mengapa senyawa hidrokarbon banyak
sekali terdapat di alam?
-
Bagaimana cara mengelompokkan senyawa
hidrokarbon?
-
Bagaimana cara memberi nama senyawa
hidrokarbon?
-
Senyawa apa yang terbentuk pada reaksi
pembakaran hidrokarbon?
Mengumpulkan Informasi
· Menganalisis senyawa yang terjadi pada pembakaran senyawa karbon
berdasarkan hasil pengamatan
· Menganalisis kekhasan atom karbon
·
Menganalisis jenis atom C berdasarkan jumlah atom C yang
terikat dari rantai atom karbon (atom
C primer, sekunder , tertier, dan kuarterner)
· Menentukan rumus umum Alkana, alkena dan alkuna berdasarkan analisis
rumus strukturnya.
· Mendiskusikan
aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna
· Mendiskusikan pengertian isomer (isomer rangka, posisi, fungsi,
geometri)
· Memprediksi isomer dari senyawa hidrokarbon
· Menganalisis reaksi senyawa hidrokarbon
Menalar/Mengasosiasi
·
Menghubungkan rumus struktur alkana,
alkena dan alkuna dengan sifat fisiknya
· Berlatih membuat isomer senyawa karbon
· Berlatih menuliskan reaksi senyawa karbon
Mengomunikasikan
· Menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran dengan lisan atau
tertulis, dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
Mengamati
·
Menggali informasi dengan cara membaca/
mendengar/menyimak tentang, proses pembentukan minyak bumi dan gas
alam, komponen-komponen utama penyusun
minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dampak pembakaran bahan bakar
terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan
dengan bagaimana terbentuknya minyak bumi dan gas alam, cara pemisahan
(fraksi minyak bumi), bagaimana meningkatkan mutu bensin, apa dampak
pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya
untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak
bumi dan gas alam.
Mengumpulkan Informasi
·
Mengumpulkan informasi tentang proses
penyulingan bertingkat
·
Mengumpulkan informasi tentang dampak
pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk
mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan
gas alam.
Menalar/Mengasosiasi
·
Menganalisis proses penyulingan
bertingkat untuk menyimpulkan dasar dan teknik pemisahan minyak bumi menjadi
fraksi-fraksinya.
·
Membedakan kualitas bensin berdasarkan
bilangan oktannya.
·
Menyimpulkan dampak pembakaran
hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
·
Mengajukan gagasan tentang bahan bakar
alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan menggunakan tata bahasa
yang benar.
|
Sikap
·
Observasi perilaku ilmiah, antara lain: disiplin, jujur,
tanggugja-wab, kerja sama, kreatif, dan peduli dalam melakukan percobaan dan
presentasi.
Pengetahuan
Tes tertulis uraian menganalisis:
·
Kekhasan atom karbon.
·
Atom C primer, sekunder, tertier, dan
kuarterner.
·
Struktur akana, alkena dan alkuna
serta tatanama menurut IUPAC
·
Isomer
·
Sifat-sifat fisik alkana, alkena dan alkuna
·
Pemahaman reaksi senyawa karbon
·
Mengevaluasi dampak pembakaran minyak
bumi dan gas alam.
Tugas
· Membuat bahan presentasi tentang minyak bumi dan bahan bakar
alternatif pengganti minyak bumi dan gas alam dalam kerja
kelompok serta mempresentasi-kan.
Keterampilan
Proyek
· Mendata kebutuhan konsumsi elpiji di rumah tangga dan mengajukan gagasan
energi alternatif
Portofolio
·
Laporan hasil
identifikasi
atom C,H dan O dalam sampel
·
Bahan presentasi
|
12 JP
|
· Buku kimia
· Lembar kerja
· molymod
· Berbagai sumber dari migas atau yang lainnya
|
3.2. Memahami
proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta
kegunaannya.
|
|||||
3.3.
Mengevaluasi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon
terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
|
|||||
4.1.
Mengolah dan menganalisis struktur dan sifat senyawa
hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan
senyawanya.
|
|||||
4.2.
Menyajikan hasil pemahaman tentang proses pembentukan
dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya.
|
|||||
4.3. Menyajikan
hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan
kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.
|
|||||
3.4.
Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.
|
Thermokimia
· Reaksi eksoterm dan reaksi
endoterm
· Perubahan entalpi reaksi
-
Kalorimeter
-
Hukum Hess
-
Energi ikatan
|
Mengamati
· Mengkaji literatur tentang sistem dan lingkungan
· Mengamati reaksi eksoterm dan endoterm
· Mengkaji literatur tentang perubahan entalpi pembentukan standar.
Menanya
· Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan reaksi eksoterm dan endoterm
dalam kehidupan sehari-hari,
· Bagaimana menentukan perubahan entalpi
reaksi
· Mengapa pemerintah mengkonversi minyak tanah menjadi LPG?
Mengumpulkan Informasi
· Mendiskusikan pengertian sistem dan lingkungan
·
Mendiskusikan macam-macam perubahan
entalpi
· Merancang percobaan dan mempresentasikan hasilnya:
- Reaksi Eksoterm
dan Reaksi Endoterm
- Penentuan
Perubahan Entalpi dengan Kalorimeter
- Penentuan Kalor Pembakaran Bahan Bakar
· Melakukan percobaan:
-
Reaksi eksoterm dan Reaksi Endoterm
-
Penentuan Perubahan Entalpi dengan
Kalorimeter
-
Penentuan kalor pembakaran bahan bakar
· Mengamati dan mencatat hasil percobaan
Menalar/Mengasosiasi
· Menganalisis data untuk membuat diagram siklus dan diagram tingkat
energi
· Mengolah data untuk menentukan harga perubahan entalpi (azas Black)
· Membandingkan perubahan entalpi pembakaran sempurna dengan pembakaran
tidak sempurna melalui perhitungan
· Menghubungkan perubahan entalpi reaksi dengan energi ikatan
·
Menghitung perubahan entalpi
berdasarkan hukum Hess dan energi
ikatan.
Mengomunikasikan
· Membuat laporan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
·
Mempresentasikan hasil percobaan dengan
menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Sikap
· Observasi perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume dan suhu, cara menggunakan pipet, cara menimbang,
keaktifan, kerja sama, komuni-katif, dan peduli lingkungan, dsb)
Pengetahuan
Tes tertulis uraian tentang:
· Pemahaman reaksi eksoterm dan reaksi
endoterm
· Membuat diagram siklus dan diagram tingkat energi berdasar-kan data.
· Menentukan perubahan entalpi (
![]()
Keterampilan
Praktik/Unjuk Kerja
·
Merancang dan melakukan percobaan
reaksi eksoterm, reaksi endoterm dan mengkaitkannya dengan peristiwa
sehari-hari
· Merancang dan melakukan percobaan penentuan perubahan
entalpi dengan kalorimeter dan mengkaitkannya dengan peristiwa
sehari-hari.
·
Merancang dan melakukan percobaan
penentuan kalor pembakaran bahan bakar
Portofolio
· Laporan percobaan
|
12 JP
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
3.5.
Menentukan DH reaksi
berdasarkan hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data
energi ikatan.
|
|||||
4.4. Merancang,
melakukan, menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan reaksi eksoterm dan
reaksi endoterm
|
|||||
4.5.
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan penentuan DH suatu reaksi.
|
|||||
3.6. Memahami teori
tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
|
Laju Reaksi
· Teori tumbukan
· Faktor-faktor penentu laju reaksi
· Orde reaksi dan
persamaan laju reaksi
|
Mengamati
·
Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/
mengamati reaksi yang berjalan sangat cepat dan
reaksi yang berjalan sangat lambat, contoh
petasan, perkaratan (korosi)
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan terkait hasil
pengamatan mengapa ada reaksi yang lambat dan reaksi yang cepat
Mengumpulkan Informasi
· Mendiskusikan pengertian laju reaksi
· Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
· Merancang percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
(ukuran, konsentrasi, suhu dan katalis) dan mempresentasikan hasilnya untuk
menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
·
Mengamati dan mencatat data hasil
percobaan
Menalar/Mengasosiasi
· Mengolah data untuk membuat grafik laju reaksi
· Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi.
· Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan untuk menentukan orde
reaksi dan persamaan laju reaksi
·
Menyimpulkan peran katalis dalam
industri kimia.
Mengomunikasikan
· Membuat laporan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
·
Mempresentasikan hasil percobaan dengan
menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Sikap
· Observasi perilaku ilmiah dalam
melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat skala volume dan suhu, cara menggunakan pipet, cara menimbang,
keaktifan, kerja sama, komunikatif, tanggungjawab, dan peduli lingkungan, dsb)
Pengetahuan
Tes tertulis uraian
·
Menganalsis data hasil percobaan
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
·
Membuat grafik laju reaksi berdasarkan
data
·
Menganalisis data hasil percobaan
untuk menentu-kan orde reaksi dan persamaan laju reaksi
Keterampilan
Praktik
· Merancang percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Portofolio
· Laporan percobaan
|
12 JP
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
3.7. Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan menentukan orde reaksi
berdasarkan data hasil percobaan.
|
|||||
4.6.
Menyajikan hasil pemahaman terhadap teori tumbukan
(tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
|
|||||
4.7.
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi dan orde reaksi.
|
|||||
3.8. Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan
dalam industri.
|
Kesetimbangan Kimia
· Kesetimbang-an dinamis
· Pergeseran arah kesetim-bangan
· Tetapan kesetimbang-an (Kc dan Kp)
|
Mengamati
· Mengamati
dengan cara membaca/ mendengar /melihat dari berbagai sumber tentang
kesetimbangan kimia,contoh demonstrasi reaksi timbal sulfat dengan kalium
iodida yang terbentuk warna kuning, setelah penambahan natriumsulfat kembali
terbentuk endapan putih.
Menanya
· Mengajukan pertanyaan mengapa terjadi reaksi balik (reaksi kesetimbangan
dinamis)
· Faktor apa saja yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan?
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan reaksi yang terjadi
berdasarkan hasil demonstrasi
· Mendiskusikan terjadinya reaksi kesetimbangandan jenis-jenisnya
· Menuliskan persamaan reaksi kesetimbangan
· Merancang percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran
arah kesetimbangan dan mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan
(konsentrasi, volum, tekanan dan suhu)
· Mengamati dan mencatat data hasil percobaan
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengolah dan menganalisis data hasil
percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah
kesetimbangan
· Mengaplikasikan faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan untuk
mendapatkan hasil yang optimal dalam industri
· Menentukan komposisi zat dalam keadaan setimbang, derajat disosiasi
(α), tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp)
dan hubungan Kc dengan Kp
Mengomunikasikan
· Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan
menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Sikap
· Observasi perilaku ilmiah dalam merancang dan melakukan percobaan dan
presentasi, misalnya: melihat skala
volume dan suhu, cara menggunakan
pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunika-tif, dan peduli
lingkungan, dsb)
Pengetahuan
Tes tertulis uraian
·
Menganalisis data faktor-faktor yang
menggeser arah kesetimbangan
· Menentukan komposisi zat dalam keadaan setimbang, derajat disosiasi
(α), tetapan kesetimbang-an (Kc dan
Kp) dan hubungan Kc dengan Kp
Keterampilan
Praktik/Unjuk Kerja
· Merancang dan melakukan percobaan
tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan
Portofolio
· Laporan percobaan
|
16 JP
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
3.9. Menentukan hubungan
kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
kesetimbangan.
|
|||||
4.8.
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah
kesetimbangan.
|
|||||
4.9.
Memecahkan masalah terkait hubungan kuantitatif antara
pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
|
|||||
3.10.
Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa
dan/atau pH larutan.
|
Asam dan Basa
· Perkembangan konsep asam dan basa
· Indikator
· pH asam lemah, basa lemah, dan pH
asam kuat basa kuat
|
Mengamati
· Mencari
informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati dan menyimpulkan data percobaan untuk memahami teori asam dan basa,
indikator alam dan indikator kimia, pH (asam/basa lemah, asam/basa kuat)
Menanya
·
Adakah bahan-bahan disekitar kita yang dapat berfungsi sebagai
indikator?
· Apa perbedaan asam lemah dengan asam kuat dan basa lemah dengan basa
kuat?
Mengumpulkan Informasi
·
Mengidentifikasi beberapa larutan asam
basa dengan beberapa indikator
· Menganalisis teori asam basa berdasarkan konsep Arrhenius, Bronsted
Lowry dan Lewis
· Mendiskusikan bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator
· Merancang percobaan untuk pembuatan indikator alam dan mempresentasikan
hasilnya untuk menyamakan persepsi.
· Melakukan percobaan pembuatan indikator alam dan mengaplikasikannya.
· Mendiskusikan perbedaan asam lemah dengan asam kuat serta basa lemah
dengan basa kuat
· Merancang percobaan untuk membedakan asam lemah dengan asam kuat serta basa lemah dengan basa kuat yang
konsentrasinya sama menggunakan indikator universal atau pH meter dan
mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan untuk membedakan asam lemah dengan asam kuat serta basa lemah dengan basa kuat yang
konsentrasinya sama menggunakan indikator universal atau pH meter
· Mengamati dan mencatat hasil percobaan
Menalar/Mengasosiasi
·
Menyimpulkan konsep asam basa menurut
Arrhenius, Bronsted Lowry dan Lewis
· Mengolah data hasil percobaan dan menyimpulkannya.
· Memprediksi pH larutan dengan menggunakan beberapa indikator.
· Menyimpulkan perbedaan asam lemah dengan asam kuat serta basa lemah
dengan basa kuat
· Menghitung pH larutan asam dan larutan basa
· Menghubungkan asam lemah dengan asam kuat serta basa lemah dengan basa
kuat untuk
mendapatkan derajat ionisasi ( α )
atau tetapan ionisasi ( Ka )
Mengomunikasikan
·
Membuat laporan percobaan dan
mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Sikap
· Observasi perilaku ilmiah dalam
merancang dan melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat skala volume, cara menggunakan pipet, cara menimbang,
keaktifan, kerja sama, komunika-tif, dan peduli lingkungan, dsb)
Pengetahuan
Tes tertulis uraian
·
Pemahaman konsep asam basa
·
Menghitung pH larutan asam/basa lemah
dan asam/basa kuat
·
Menganalisis kekuatan asam basa
dihubungan dengan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi (Ka )
Keterampilan
Praktik
·
Merancang dan melakukan percobaan pembuatan indikator
alam
· Merancang dan melakukan percobaan kekuatan asam dan basa
Proyek
· Menyelidiki kadar asam asetat dalam cuka dapur berbagai merek
Portofolio
· Laporan percobaan
|
12 JP
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
4.10. Mengajukan
ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman
asam/basa atau titrasi asam/basa.
|
|||||
3.11.
Menentukan konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan
data hasil titrasi asam basa.
|
Titrasi
· Titrasi asam basa
· Kurva titrasi
|
Mengamati
·
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang
titrasi asam basa .
Menanya
·
Bagaimana memilih indikator yang tepat
dalam titrasi asam basa? Kapan titrasi dinyatakan selesai?
· Bagaimana menguji kebenaran konsentrasi suatu produk, misalnya cuka
dapur 25%.
Mengumpulkan Informasi
·
Merancang percobaan titrasi asam basa
dan mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
· Memprediksi indikator yang dapat digunakan untuk titrasi asam basa
· Melakukan percobaan titrasi asam basa.
· Mengamati dan mencatat data hasil titrasi
Menalar/Mengasosiasi
· Mengolah data hasil percobaan
· Menentukan konsentasi pentiter atau zat yang dititer
· Menentukan kemurnian suatu zat
· Menganalisis kurva titrasi dan menentukan titik ekivalen melalui titik
akhir titrasi
Mengomunikasikan
· Membuat laporan titrasi asam basa dan
mempresentasikannya dengan
menggunakan tata bahasa yang benar.
·
Mengkomunikasikan bahwa untuk menentukan kemurnian suatu
zat dapat dilakukan dengan cara titrasi asam basa.
|
Sikap
· Mengamati perilaku ilmiah dalam merancang dan melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: merangkai alat titrasi melihat
skala volume, cara mengisi buret, cara menggunakan pipet, cara menimbang,
keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Pengetahuan
Tes tertulis uraian
·
Menentukan konsentasi pentiter atau
zat yang dititer
·
Menganalisis kurva titrasi dan
menentukan titik ekivalen melalui titik akhir titrasi
Keterampilan
Praktik/Kinerja
· Merancang dan melakukan percobaan
titrasi asam basa
· Membuat kurva/grafik titrasi
Portofolio
· Laporan percobaan
· Kurva titrasi
|
12 JP
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
4.11. Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan titrasi asam-basa.
|
|||||
3.12. Menganalisis
garam-garam yang mengalami hidrolisis.
|
Hidrolisis
· Sifat garam yang terhidrolisis
· Tetapan hidrolisis (Kh)
· pH garam yang terhidrolisis
|
Mengamati
· Mencari
informasi dari berbagai sumber tentang hidrolisis garam
Menanya
· Mengapa garam ada yang bersifat asam, basa dan netral?
Mengumpulkan Informasi
·
Merancang percobaan untuk identifikasi
pH garam dan mempresentasikannya untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan untuk identifikasi pH garam dengan menggunakan
kertas lakmus atau indikator universal atau pH meter
· Mengamati dan mencatat data hasil percobaan
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengolah dan menganalisis data hasil
pengamatan
· Menyimpulkan sifat garam yang terhidrolisis
· Menganalisis rumus kimia
garam-garam dan memprediksi
sifatnya
· Menentukan grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa
untuk menjelaskan sifat garam yang terhidrolisis
· Menentukan tetapan hidrolisis (Kh) dan pH larutan garam yang
terhidrolisis melalui perhitungan
Mengomunikasikan
· Membuat laporan percobaan identifikasi garam dan mempresentasikannya dengan
menggunakan tata bahasa yang benar
|
Sikap
· Observasi perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: cara menggunakan kertas lakmus,
indikator universal atau pH meter; keaktifan, kerja sama,
komunika-tif, dan peduli lingkungan, dsb)
Pengetahuan
Tes tertulis uraian
· Menganalisis grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa
untuk menjelaskan sifat garam yang terhidrolisis
· Menentukan tetapan hidrolisis (Kh) dan pH larutan garam yang
terhidrolisis melalui perhitungan
Keterampilan
Praktik
· Merancang dan melakukan percobaan identifikasi pH gram
Portofolio
· Laporan percobaan
|
12 JP
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
4.12. Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan
jenis garam yang mengalami hidrolisis.
|
|||||
3.13.
Menganalisis peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk
hidup.
|
Larutan Penyangga
· Sifat larutan penyangga
· pH larutan penyangga
· Peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
|
Mengamati
·
Mencari informasi dari berbagai
sumber tentang larutan penyangga, sifat dan pH larutan
penyangga serta peranannya dalam tubuh makhluk hidup
· Mencari informasi tentang darah yang berhubungan dengan kemampuannya
dalam mempertahankan pH.
Menanya
·
Bagaimana terbentuknya larutan
penyangga
· Mengapa larutan penyangga pHnya relatif tidak berubah dengan penambahan
sedikit asam atau basa
· Mengapa pH darah relatif tetap?
Mengumpulkan Informasi
·
Menganalisis terbentuknya larutan
penyangga
· Menganalisis sifat larutan penyangga
· Merancang percobaan untuk membedakan larutan yang bersifat penyangga
atau larutan yang bukan penyangga dengan menggunakan indikator universal atau
pH meter serta mempresentasikannya untuk menyamakan persepsi
· Merancang percobaan untuk membedakan sifat larutan penyangga atau
larutan yang bukan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau basa atau
diencerkan serta mem-presentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
·
Melakukan percobaan
· Mengamati dan mencatat data hasil pengamatan
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengolah dan menganalisis data untuk
menyimpulkan larutan yang bersifat penyangga
·
Menentukan pH larutan penyangga
melalui perhitungan
· Menentukan grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa
untuk menjelaskan sifat larutan penyangga
Mengomunikasikan
· Membuat laporan percobaan dan mempresentasikannya dengan
menggunakan tata bahasa yang benar
· Mengkomunikasikan sifat larutan penyangga dan manfaat larutan penyangga
dalam tubuh makhluk hidup.
|
Sikap
· Observasi perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: cara menggunakan kertas lakmus,
indikator universal atau pH meter; melihat skala volume, cara menggunakan pipet, keaktifan, kerja sama,
komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Pengetahuan
Tugas
· Merancang percobaan larutan penyangga
Tes tertulis uraian
· Menganalisis data untuk menyimpulkan larutan yang bersifat penyangga
·
Menghitung pH larutan penyangga
·
Menganalisis grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat larutan
penyangga
Keterampilan
Portofolio
· Laporan percobaan
|
12 JP
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
4.13. Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan
sifat larutan penyangga.
|
|||||
3.14. Memprediksi
terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data
hasil kali kelarutan (Ksp).
|
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
· Kelarutan dan hasilkali kelarutan
· Memprediksi terbentuknya endapan
· Pengaruh penambahan ion senama
|
Mengamati
· Mencari informasi dari berbagai sumber dengan
membaca/mendengar/mengamati tentang kelarutan dan hasilkali kelarutan serta
memprediksi terbentuknya endapan dan pengaruh penambahan ion senama
Menanya
· Bagaimana hubungan antara kelarutan dan hasilkali kelarutan.
· Mengapa Kapur (CaCO3) sukar larut dalam air?
Mengumpulkan Informasi
· Mendiskusikan reaksi kesetimbangan dalam larutan
· Mendiskusikan rumus tetapan kesetimbangan (Ksp)
·
Merancang percobaan kelarutan suatu
zat dan mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
·
Melakukan percobaan kelarutan suatu
zat
· Mengamati dan mencatat data hasil percobaan
Menalar/Mengasosiasi
· Menyimpulkan hubungan kelarutan dan hasil kali kelarutan
· Menyimpulkan pengaruh ion senama pada kelarutan.
· Memprediksi kelarutan suatu zat
·
Menghitung kelarutan dan hasil kali
kelarutan
· Mengolah data hasil percobaan dan menyimpulkannya
Mengomunikasikan
·
Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya
dengan
menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Sikap
· Observasi perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat
skala volume dan suhu, cara
menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama,
komunika-tif, tanggung jawab, dan peduli lingkungan, dsb)
Pengetahuan
Tes tertulis uraian
· Menghitung kelarutan dan hasilkali kelarutan
·
Memprediksi kelarutan suatu zat
Keterampilan
Praktik
· Merancang dan melakukan percobaan reaksi pengendapan
Portofolio
· Laporan percobaan
|
16 JP
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
4.14. Mengolah dan
menganalisis data hasil percobaan untuk memprediksi terbentuknya endapan.
|
|||||
3.15. Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
Koloid
· Sistem koloid
· Sifat koloid
· Pembuatan koloid
· Peranan
koloid dalam kehidupan sehari-hari dan industri
|
Mengamati
· Mencari informasi dari berbagai sumber dengan membaca/mendengar/mengmati
tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan
koloid dalam kehidupan sehari-hari
· Mencari contoh-contoh koloid yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya
· Bagaimana peran sistem koloid dalam kehidupan, misalnya dalam pembuatan
kosmetik, farmasi, bahan makanan dan
lain-lain)
· Bagaimana peran sabun dalam membersihkan piring kotor?
Mengumpulkan Informasi
· Mendiskusikan hasil bacaan tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid,
pembuatan koloid dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari
· Merancang percobaan pembuatan koloid dan mempresentasikan hasil
rancangan untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan pembuatan koloid
· Mengamati dan mencatat data hasil percobaan
· Mendiskusikan bahan/zat yang berupa koloid dalam industri farmasi,
kosmetik, bahan makanan, dan lain-lain
Menalar/Mengasosiasi
· Menyimpulkan sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan
peranannya dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat peta konsep.
· Menganalisis dan menyimpulkan data hasil percobaan
· Menghubungkan sistem koloid dengan sifat-sifatnya
· Membedakan koloid liofob dan koloid hidrofob
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan peta konsep sistem
koloid, sifat-sifat koloid, dan
pembuatan koloid serta peranannya dalam kehidupan
·
Membuat laporan percobaan dan
mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Sikap
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: cara menggunakan senter (effek Tyndall),
keaktifan, kerja sama, komunikatif, tanggung jawab, dan peduli lingkungan,
dsb)
Pengetahuan
Tes tertulis uraian
·
Pemahaman sistem koloid, sifat-sifat
koloid, dan pembuatan koloid serta
peranannya dalam kehidupan.
Tugas
· Membuat peta konsep tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan
koloid dan peranannya dalam kehidupan.
Keterampilan
Praktik
· Merancang dan melakukan percobaan pembuatan koloid
Portofolio
· Peta konsep
· Laporan percobaan
|
12 JP
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
4.15. Mengajukan
ide/gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan pengalaman
membuat beberapa jenis koloid.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar